KLIP

Kamis, 05 Juli 2012

Belajar menulis Bahasa Kanji

Sedikit informasi…
Kanji adalah salah satu dari empat set aksara yang digunakan dalam tulisan modern Jepang selain kana (katakana, hiragana) dan romaji.
Aksara Kanji memiliki dua cara pengucapan, ucapan Cina (on’yomi) dan ucapan Jepang (kun’yomi). Untuk lebih jelasnya, baca artikel tentang on’yomi dan kun’yomi di blog ini: http://samudra-fox.blogspot.com.
Jadi, Kanji di sini bukanlah nama tepung tapioka (ketela) yang banyak digunakan sebagai bahan baku makanan tradisional (bakso, pempek, siomay, dsb). Juga bukan nama tokoh dalam serial Tokyo Love Story. Okey, dongengnya cukup sekian.
Persiapan
Jika komputer anda tidak support dengan huruf Jepang, silahkan klik di sini untuk mendownload Japanese Language Pack, lalu installah program tersebut.
Mulai
Silahkan kunjungi situs-situs di bawah ini untuk mendapatkan nama anda dalam huruf Kanji, anda bisa belajar menulis kanji dari situs-situs ini:
1. www.samuraibaby.com
Cari/pilih salah satu nama (dari A sampai Z), misalnya Tamara (yang artinya: Abundant, Truth, Enjoy). Jika merasa artinya tidak cocok, silahkan klik ”Other interpretations for Tamara” lalu pilihlah kombinasi arti yang paling menarik.
Silahkan edit sendiri: name, kanji, meaning, dan background-nya. Setelah selesai, masukkan email dan klik Create Image. Jika kesulitan menyimpan gambarnya, gunakan screen capture dan lakukan cropping :D

2. www.kanjizone.com
Cari salah satu nama (dari A sampai Z), misalnya: Anton. Pilihlah yg artinya paling bagus (misalnya: Peaceful dan Sincere), lalu klik Design Now.
Untuk menghilangkan watermark/logo kanjizone, anda dapat menggunakan image editor. Atau… klik: View on Printfection, lalu klik tombol “View on T-shirt“. Setelah muncul gambar kaos yang ada tulisan kanjinya, cobalah klik pada gambar Mousepad (di sebelah kanan), maka huruf Kanji sudah terlihat jelas di situ. Gambarnya juga bisa di-save :)

3. www.ninjaname.com
Isikan nama yang anda inginkan, lalu klik Search. Jika tidak ditemukan (dari database), klik Request, dan cari lagi di situs itu setelah beberapa hari (menunggu dibuatkan). Sabar aja deh ;)

4. ninomiya.net
Pilihlah nama berdasarkan kategori/abjad, dan dapatkan nama dalam Kanji dan artinya.

5. www.yournameinjapanese.com
Ketikkan nama yang anda inginkan, misalnya: Adam, lalu klik Translate.

6. www.fuzita.org
Klik Examples of names in kanji untuk melihat contoh-contoh nama dalam Kanji dan arti-artinya. Jika nama yang anda inginkan tidak ada, carilah sendiri huruf-huruf Kanji pada menu sebelah kiri, dan pilihlah arti-arti yang paling menarik.


7. www.stockkanji.com atau www.takase.com
Hanya nama-nama yang terdaftar yang bisa anda temukan informasinya.

8. kampai.jp
Ketikkan nama (misalnya: Andrie Wongso) di bagian Automatic Conversion, lalu klik Search. Seperti inilah hasilnya: (tanpa disebutkan artinya)

9. www.jun-gifts.com
Daftar nama beserta 3 macam pilihan Kanji, tanpa disertai artinya.

10. chineseculture.about.com
Hanya tambahan saja, anda bisa menggunakan Chinese name.

Bagaimana?
Apakah anda sudah punya nama dalam huruf Kanji?
Sanji
http://sanjisan.wordpress.com

Tidak ada komentar: